Beredar Isu Diskominfotiks Bakal Order Advertorial Kepada Insan Pers yang Hadir Saat Coffee Morning, Korwil FPII Rohil Angkat Bicara

Redaksi

- Redaktur

Sabtu, 7 September 2024 - 23:48 WIB

50144 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

ROHIL, baranewsriau.com| Beredar isu baru baru ini, Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfotiks) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) Provinsi Riau bakal memberikan atau mengorder pesanan Advertorial kepada insan Pers yang hadir disaat coffe morning yang digelar pada 03 September 2024 lalu.

Menanggapi hal itu, Kordinator Wilayah (Korwil) dari Organisasi Forum Pers Independen Indonesia (FPII) Rohil Musmulyadi ketika di konfirmasi wartawan menyampaikan dengan tegas bahwa keputusan tersebut terkesan sepihak dan tidak dapat diterima sepenuhnya.

” Pertemuan coffe morning kemaren yang disebarkan lewat undangan via whatsapp oleh kominfo hanya bersifat mempererat silaturahmi dan bertukar pandangan dan saran terkait kerjasama media tahun 2024, tidak ada pembahasan soal pesanan advertoral, kalo informasi itu benar, jelas keputusan itu sepihak dan tidak sesuai aturan, ” Kata Musmulyadi, Sabtu (07/09/2024) di Bagansiapiapi.

ADVERTISEMENT

banner 300x250

SCROLL TO RESUME CONTENT

Ketua FPII Rohil ikut menegaskan soal kerjasama media di Rohil sudah dibangun dan sudah berjalan beberapa tahun belakangan melalui sistem aplikasi berbasis web lewat Simatrik (Sistem informasi kerjasama media secara elektronik), baik pesanan iklan, advertorial hingga infotorial para media yang menjalin kerjasama akan mendapatkan pesanan melalui aplikasi tersebut.

Bahkan menanggapi soal pesanan advertorial bagi media yang hadir dalam kegiatan coffee morning baru baru ini, Musmulyadi kembali menyatakan hal tersebut jelas tidak berdasar dan dapat merugikan banyak pihak media yang menjalin kerjasama dengan pemerintah daerah melalui Diskominfotiks Rohil.

“Sekali lagi, kami FPII Rohil sangat menolak kalo isu pembagian advertorial itu benar demikian hanya dikasi kepada rekan rekan media yang hadir disaat coffee morning kemarin, sebab undangan atau pemberitahuan yang disampaikan pihak kominfo juga terbatas sifatnya, yang hadir atau diundang tidak lebih hanya berkisar 50 orang saja, maka dalam hal ini kami minta pihak kominfo lebih transparan soal kerjasama media,” Tegas Musmulyadi.

Baca Juga :  Peduli Karlahut,Personil Koramil 04/Kubu Giat Patroli.

Terpisah, Kadis Kominfotiks Rohil Indra Gunawan melalui Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Kerjasama media Amrial ketika dikonfirmasi wartawan menyampaikan bahwa informasi soal pembagian advertorial tersebut tidaklah bener, namun dia menyampaikan lebih memprioritaskan kepada ujian UKW (Uji Kompetensi Wartawan).

“Gak bener tuh..tapi untuk prioritas ujian UKW,” Kata Amrial dikonfirmasi lewat via whatsapp, Sabtu malam (07/09/2024).

Amrial menyampaikan hal tersebut masih dalam wacana yang digagas Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Rohil bersama Diskominfotiks Rohil.

“Masih wacana yang digagas PWI bekerjasama dengan Diskominfo untuk mengadakan ujian UKW,” Kata Amrial.

Sebelumnya, Diskominfotiks Rohil pada 28 Agustus 2024 lalu menyebarkan undangan untuk kegiatan coffee morning melalui via whatsapp yang ditujukan kepada organisasi Pers dan awak media dalam kegiatan coffee morning yang akan dilaksanakan pada 30 Agustus 2024 di Kantor Dinas Kominfo lantai 7 Kantor Bupati Rohil namun disebabkan beberapa alasan kegiatan tersebut baru terlaksana pada 03 September 2024 lalu.

Dilansir dari berita yang telah terbit, kegiatan coffee morning ikut dibahas yerkait aplikasi E-Wartawan Akan Hadir Khususnya di Rokan Hilir

Dikutip dari media yang terbit, Beberapa penyampaian saat acara kopi morning di ruang lingkup Diskominfo Rokan Hilir, yang juga di hadiri oleh pihak kejaksaan Negeri Rohil bersamaan dengan puluhan wartawan terjadi di Selasa pagi 03 September 2024.

Dalam hal itu, tampak beberapa pertanyaan dari sejumlah wartawan muncul pada saat acara kopi morning berjalan.

Pantauan media, sebagai pencerahan hukum, pihak Kejari Rokan Hilir yang di wakili oleh kasi intel kejari Rohil beserta kasi datunnya juga turut bersuara dalam memberikan dukungan yang sifatnya positif terhadap kinerja kawan-kawan, baik di kalangan insan pers, begitu pula dengan diskominfo Rokan Hilir.

Baca Juga :  Dalam Rangka HUT TNI Ke79,Koramil 04/Kubu Gelar Karya Bakti.

Dalam kesempatan ini, Kepala Diskominfo Rokan Hilir Indra Gunawan SE,MH, mengatakan ” Bahwa kemajuan demi kemajuan teknologi yang berbasiskan internet saat ini sudah tak awam lagi untuk kita ketahui, sementara itu dengan kemajuan teknologi yang saat ini kian meningkat, kita harapkan dapat memberikan kemudahan Pemerintah terhadap pelayanan masyarakatnya ” Ucap Indra Gunawan

Lanjut Indra, hal yang sama juga berlaku untuk kawan kawan media yang menjalin hubungan Mitra terhadap Pemerintah Daerah, yang mana kedepannya kita akan menciptakan aplikasi E-Wartawan, agar hubungan Mitra kerja terhadap kawan kawan media lebih harmonis lagi” ucap Indra Gunawan.

Sementara itu lanjut Indra “tujuan dari adanya aplikasi E-Wartawan ini berfungsi untuk Mengiventarisir wartawan yang ada di Pemerintah Daerah ini, Kabupaten khususnya di Rokan Hilir, jadi dapat di simpulkan bahwa aplikasi E-Wartawan ini sebentuk database wartawan yang berada di Rohil.

Jika selama ini kita menggunakan aplikasi simatrik, untuk proses kerja samanya terhadap perusahaan media, yang mana aplikasi tersebut sudah berjalan sudah cukup baik, kali ini aplikasi E-Wartawan ini berfungsi pula untuk identifikasi integritasi terhadap wartawan yang bertugas serta berdomisili di Rokan Hilir, ” Jelas Indra Gunawan.

Untuk itu lanjut Indra ” Kita juga mengharapkan adanya dukungan dari kawan-kawan yang hadir pada saat kopi morning ini,baik dari insan pers yang berada di Rokan Hilir, hal yang sama juga kita harapkan dapat di dukung oleh pihak kejaksaan Negeri Rohil , terhadap penciptaan aplikasi E-Wartawan ini, yang mana aplikasi E-Wartawan ini semata-mata untuk melihat kompetensi wartawan dalam bertugas khususnya bagi wartawan yang bertugas di Rokan Hilir agar dapat di jadikan acuan untuk kerja samanya nanti ” Tutup Indra Gunawan SE,MH dalam penjelasannya.

 

Penulis: Alek

Editor: Redaksi

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Sejumlah Polemik Pengukuhan 24 Pjs. Penghulu di Rohil, Akas Virmandi Angkat Bicara Menggunakan Kacamata Administrasi
Kampanye Paslon BIJAK Dijalan Suka Damai Simpang Kanan Dibanjiri Warga.
Lurah Bagan Hulu Serahkan Bantuan Sembako Kepada Masyarakat Terdampak Bajir
Masyarakat Simpang Kanan Siap Sepenuh Hati Menangkan Paslon Bijak.
Cawabup Jhony Charles BBA,MBA Beserta Rombongan Kunjungi Warga Korban Kebakaran.
Cegah Kebakaran Lahan , Personil Koramil 04/Kubu Giat Patroli.
Gawat…!!! Team Operasional Penyelamatan Asset Negara Temukan Aktivitas Ilegal Logging Bebas Beroperasi di Bagansiapiapi
Polsek Kubu Salurkan Bantuan Sembako Pada Lansia Korban banjir.

Berita Terkait

Jumat, 25 Oktober 2024 - 10:34 WIB

Sejumlah Polemik Pengukuhan 24 Pjs. Penghulu di Rohil, Akas Virmandi Angkat Bicara Menggunakan Kacamata Administrasi

Kamis, 24 Oktober 2024 - 21:42 WIB

Kampanye Paslon BIJAK Dijalan Suka Damai Simpang Kanan Dibanjiri Warga.

Kamis, 24 Oktober 2024 - 18:34 WIB

Lurah Bagan Hulu Serahkan Bantuan Sembako Kepada Masyarakat Terdampak Bajir

Kamis, 24 Oktober 2024 - 16:14 WIB

Masyarakat Simpang Kanan Siap Sepenuh Hati Menangkan Paslon Bijak.

Kamis, 24 Oktober 2024 - 15:09 WIB

Cegah Kebakaran Lahan , Personil Koramil 04/Kubu Giat Patroli.

Kamis, 24 Oktober 2024 - 14:28 WIB

Gawat…!!! Team Operasional Penyelamatan Asset Negara Temukan Aktivitas Ilegal Logging Bebas Beroperasi di Bagansiapiapi

Kamis, 24 Oktober 2024 - 10:48 WIB

Polsek Kubu Salurkan Bantuan Sembako Pada Lansia Korban banjir.

Rabu, 23 Oktober 2024 - 23:02 WIB

Tokoh Pemuda bagan Sinembah Angkat Bicara Terkait Berita Asri Auzar Yang Diduga Memecah Belah Masyarakat Rohil.

Berita Terbaru

ROKAN HILIR

Masyarakat Simpang Kanan Siap Sepenuh Hati Menangkan Paslon Bijak.

Kamis, 24 Okt 2024 - 16:14 WIB