Peran Perempuan Sangat Berpengaruh Dalam Setiap Pesta Demokrasi Di Indonesia, “Perempuan Hebat”

BARA NEWS RIAU

- Redaktur

Kamis, 10 Oktober 2024 - 06:21 WIB

5013 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Pekanbaru | Peran dan keterlibatan perempuan dalam mensukseskan terselenggaranya pemilu yang damai dan sukses adalah mutlak, seperti  harapan kita semua. Selain itu, Peran perempuan dan kaum marjinal sangat penting dalam konteks demokrasi yang inklusif dan representatif, Dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Keterwakilan Perempuan dalam Pemilu Sebagai Agent of Change dan Pemilih Perempuan merupakan bagian besar dari pemilih dalam Pilkada.

Agent of change yang dimaksud adalah aktif memberi peningkatan pemahaman masyarakat tentang calon legislatif dan isu-isu berpengaruh yang berorientasi kepada partisipatif masyarakat rentan.

Pemilu inklusif harus mampu menjangkau setiap kelompok masyarakat agar mereka memiliki akses yang sama dalam pemenuhan hak dan tanggung jawabnya sebagai Warga Negara.

ADVERTISEMENT

banner 300x250

SCROLL TO RESUME CONTENT

Keterwakilan perempuan sebagai peserta Pemilu akan memberikan kesempatan yang lebih besar bagi keterwakilan perempuan di Parlemen, artinya semua orang berhak difasilitasi termasuk pada Pilkada nanti.

Kehadiran kandidat perempuan memberikan pilihan yang lebih beragam bagi pemilih. Perempuan juga sering kali menjadi penggerak utama kampanye, baik sebagai relawan, pengorganisasian, atau penyedia dukungan logistik.

Begitu besar peran dan kontribusi perempuan dalam ikut mendukung terwujudnya kuota keterwakilan perempuan di DPR agar mampu merepresentasikan keinginan para perempuan di luar sana. Dalam PKPU 10 Tahun 2023 Pasal 8 ayat 1 huruf (c), antara lain daftar bakal calon memuat keterwakilan perempuan minimal  30 persen di setiap dapil, artinya, setiap tiga orang dapat paling sedikit satu orang bakal calon perempuan

Baca Juga :  Naik Tipis, Harga Pinang Kering di Riau Jadi Rp5.780 per Kilogram

Pemikiran perempuan itu jauh ke depan, tangan kanan mengayun buaian budak, tangan kiri mengayun dunia,

“Saya mewakili perempuan berharap semoga perempuan dan kaum marjinal diberi haknya dan difasilitasi dengan baik dalam Pilkada nanti, karena pentingnya perempuan dan kaum marjinal dalam keberhasilan Pilkada tersebut,” ucapnya.

Begitu besar peran dan kontribusi perempuan dalam ikut mendukung terwujudnya kuota keterwakilan perempuan di DPR agar mampu merepresentasikan keinginan para perempuan di luar sana.

Semua orang punya hak yang sama sesuai dengan peraturan Pemerintah dan hak asasi manusia, termasuk perempuan.

Dalam PKPU 10 Tahun 2023 Pasal 8 ayat 1 huruf (c), antara lain daftar bakal calon memuat keterwakilan perempuan minimal  30 persen di setiap dapil, artinya, setiap tiga orang dapat paling sedikit satu orang bakal calon Perempuan

Terkait kuota 30% perempuan terutama agar mampu mewujudkan keinginan-keinginan dan kepentingan banyak perempuan untuk Indonesia yang jauh lebih baik.”

Undang-Undang No.22 Tahun 2007 tentang Pemilihan Umum mengatur bahwa komposisi penyelenggaraan Pemilu harus melibatkan keterwakilan perempuan minimal 30%.

Baca Juga :  Hendak Curi Motor, Digagalkan Satpam, Pelaku Langsung di Ringkus Polsek Bukit Raya

Dibutuhkan dukungan dari semua pihak untuk peningkatan kualitas dan kuantitas peranan perempuan memperbaiki demokrasi bisa tercapai dengan baik melalui instrumen Pemilu.

Hak politik keterwakilan perempuan dalam sistem Pemilu proporsional representatif pada pemilihan anggota legislatif memenuhi prinsip inklusi. Disamping itu, proporsional representasi juga memberikan kesempatan bagi semua partai untuk memaksimalkan keseluruhan suara yang didapatkan.

Keterlibatan perempuan dalam pesta demokrasi Pemilu 2024 tidak hanya untuk memberikan keseimbangan dalam mewarnai perumusan kebijakan dan peraturan perundang-undangan, dan pengawasan. Juga memberikan ruang pada perempuan untuk  berekspresi dalam menyampaikan kepentingan politik secara mandiri.

Sehingga bisa mengurangi tingkat diskriminasi terhadap perempuan. Meningkatkan keadilan gender di semua aspek kehidupan, baik dalam ruang  pendidikan, sosial, politik, ekonomi, budaya, dan agama.

Semua harus bangga kepada perempuan-perempuan yang ada di Indonesia karena dari jaman dulu banyak tokoh perempuan yang berjasa di Indonesia. Terlibatnya perempuan sebagai kandidat merupakan indikator penting kesetaraan gender dan inklusivitas didalam Dunia politik.

Dalam kepemimpinan kalau boleh lebih banyak perempuan yang jadi pemimpin atau anggota DPR, karena jarang sekali perempuan yang terlibat kasus hukum termasuk kasus korupsi, tutupnya.

Pekanbaru, Selasa 8 Oktober 2024

Opini Publik
Oleh: Desi Novita

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Gawat…!!! Team Operasional Penyelamatan Asset Negara Temukan Aktivitas Ilegal Logging Bebas Beroperasi di Bagansiapiapi
Verifikasi Lapangan oleh TPM, Lapas Perempuan Pekanbaru Siap Raih Predikat WBK
Kedatangan Kapolsek Rumbai, Lapas Narkotika Rumbai Perkuat Sinergi dengan APH
Kakanwil Kemenkumham Riau Tinjau Langsung Lokasi SKD CPNS, Pastikan Proses Berjalan Lancar dan Transparan
Sholat Jum’at Perdana dan Tasyakuran Bersama Ustadz Suwandi, Ratusan Jamaah Penuhi Masjid Ar Razzaq Rimbo Panjang Kampar
Menjadi Sorotan, Pj Walikota Pekanbaru Diminta Segera Evaluasi DLHK
Danlanud Roesmin Nurjadin Terima Audiensi Pimpinan Media Sahabat TNI-Polri
Mirisss!!!!,Temuan Timbunan BBM Solar Bersubsidi di KM 18 Jalan Gunung Baru Kulim Kecamatan Tenayan Raya Pekanbaru Tidak di Gubris oleh APH

Berita Terkait

Kamis, 24 Oktober 2024 - 21:42 WIB

Kampanye Paslon BIJAK Dijalan Suka Damai Simpang Kanan Dibanjiri Warga.

Kamis, 24 Oktober 2024 - 18:34 WIB

Lurah Bagan Hulu Serahkan Bantuan Sembako Kepada Masyarakat Terdampak Bajir

Kamis, 24 Oktober 2024 - 16:14 WIB

Masyarakat Simpang Kanan Siap Sepenuh Hati Menangkan Paslon Bijak.

Kamis, 24 Oktober 2024 - 15:58 WIB

Cawabup Jhony Charles BBA,MBA Beserta Rombongan Kunjungi Warga Korban Kebakaran.

Kamis, 24 Oktober 2024 - 14:28 WIB

Gawat…!!! Team Operasional Penyelamatan Asset Negara Temukan Aktivitas Ilegal Logging Bebas Beroperasi di Bagansiapiapi

Kamis, 24 Oktober 2024 - 10:48 WIB

Polsek Kubu Salurkan Bantuan Sembako Pada Lansia Korban banjir.

Rabu, 23 Oktober 2024 - 23:02 WIB

Tokoh Pemuda bagan Sinembah Angkat Bicara Terkait Berita Asri Auzar Yang Diduga Memecah Belah Masyarakat Rohil.

Rabu, 23 Oktober 2024 - 22:52 WIB

Kampanye Paslon Bijak Didesa Bukit Pamugaran Simpang Kanan Ramai Dipadati Warga.

Berita Terbaru

ROKAN HILIR

Masyarakat Simpang Kanan Siap Sepenuh Hati Menangkan Paslon Bijak.

Kamis, 24 Okt 2024 - 16:14 WIB